Archive Pages Design$type=blogging

Diskusi Kelas Tarjih Bersama Ayahanda Dr. H. Agusni Yahya, MA.

Foto : Forum diskusi terbatas dengan peserta kelas Tarjih Ahad (14/7/2019) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Pimpinan Daerah Pemuda M...

Foto : Forum diskusi terbatas dengan peserta kelas Tarjih

Ahad (14/7/2019) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh melakukan diskusi bersama dengan Ayahanda Dr. H. Agusni Yahya, MA. Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PW. Muhammadiyah Aceh yang dipandu oleh Mudhafar Anzari sebagai moderator.

Ayahanda Dr. H. Agusni Yahya, MA. Dalam pemantik diskusi bersama para peserta menegaskan Kegiatan ketarjihan adalah aktifitas intelektual untuk merespons berbagai masalah sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan dari sudut pandang agama Islam. Berdasarkan definisi manhaj tarjih yang memuat unsur-unsur: 1. Wawasan (semangat/perspektif), 2. Sumber ajaran, 3. Pendekatan, 4. Metode (prosedur teknis.) Manhaj tarjih sebagai kegiatan intelektual untuk merespons berbagai persoalan dari sudut pandang agama Islam tidak sekedar bertumpu pada prosedur teknis, melainkan juga dilandasi oleh wawasan atau perspektif pemahaman agama yang menjadi karakteristik pemikiran Islam Muhammadiyah. Wawasan/perspektif tarjih tersebut meliputi: 1. Wawasan paham agama, 2. Wawasan tidak berafiliasi mazhab tertentu, 3. Wawasan tajdid, 4. Wawasan toleransi, 5. Wawasan keterbukaan.

(Wawasan Paham Agama) Agama adalah apa yang disyariatkan Allah dengan perantara Nabi-nabi-nya, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia di dunia dan akhirat. Ini merupakan pengertian agama secara umum. Disamping itu putusan tarjih mendefinisikan pula agama (yaitu agama islam) yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw adalah apa yang diturunkan Allah di dalam Quran dan yang tersebut dalam sunnah sahih, berupa perintah-perintah dan larangan-larangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebaikan manusia di dunai dan akhirat.

(Wawasan Tajdid) Tajdid mempunyai dua arti, yakni dalam bidang akidah dan ibadah, tajdid bermakna pemurnian dalam arti mengembalikan akidah dan ibadah kepada kemurniannya sesuai dengan sunnah Nabi saw. dalam bidang muammalat duniawiyah, tajdid berarti mendinamisasikan kehidupan masyarakat dengan semangat kreatif dan inovaif sesuai tuntunan zaman.

(Wawasan Toleransi) Toleransi artinya bahwa putusan tarjih tidak menganggap dirinya saja yang benar, sementara yang lainnya tidak benar. Dalam “Penerangan tentang hal tarjih” yang dikeluarkan tahun 1936, dinyatakan, “Keputusan tarjih mulai merundingkan sampai kepada menetapkan tidak ada sifat perlawanan, yakni menantang atau menjatuhkan segala yang tidak dipilih oleh tarjih itu”.

(Wawasan Keterbukaan) Keterbukaan artinya bahwa segala yang diputuskan oleh tarjih dapat dikritik dalam rangka melakukan perbaikan, ketika apabila ditemukan dalil dan argumen yang lebih kuat, maka majelis tarjih akan membahasnya dengan mengoreksi dalil dan argumen yang dinilai kurang kuat.

(Wawasan Tidak Berafiliasi Mazhab) Memahami agama dalam perspektif tarjih dilakukan langsung dari sumber sumber pokok, yakni al-Quran dan sunnah melalui proses ijtihad dengan metode ijtihad-ijtihad yang ada. Namun tidak berarti menafikan berbagai pendapat fukaha yang ada. pendapat-pendapat mereka itu sangat penting dan dijadikan bahan pertimbangan untuk menentukan diktum norma/ajaran yang lebih sesuai degan semangat di mana kita hidup. Manhaj (metodologi) tarjih juga mengandung pengertian sumber-sumber  pengambilan diktum ajaran agama, yakni al-Quran dan sunnah yang ditegaskan dalam sejumlah dokumen resmi Muhammadiyah.

Memperhatikan perjalanan Majelis Tarjih serta produk hukum yang dihasilkannya, tidak menutup kemungkinan Manhaj Tarjih ini akan terus berkembang. Mengantisipasi hal sedemikian, Majelis Tarjih telah membuat semacam ancangan untuk pengembangan manhajnya dengan meletakkan prinisp-prinsip pengembangannya pada tiga ranah yaitu: (1) al-muraa’at (konservasi) artinya pelestarian nilai-nilai dasar yang termuat dalam wahyu untuk menyelesaikan persoalan kehidupan. Ini dilakukan dengan upaya furifikasi atau pemurnian ajaran Islam. Prinsip ini dipraktikkan pada bidang akidah dan ibadah; (2) at-tahdits (modernisasi) artinya upaya pelaksanaan ajaran Islam guna memenuhi tuntutan spiritual umat sesuai dengan perkembangan zaman dan tempat. Ini dilakukan dengan melakukan reaktualisasi, reinterpretasi dan revitalisasi ajaran Islam; (3) al-ibtikar (kreasi), penciptaan rumusan pemikiran Islam secara kreatif, konstruktif dalam menyahuti persoalan kekinian. Ini dilakukan dengan menemukan dan menerima nilai-nilai yang tidak bertentangan dengan nilai Islam melalui seleksi yang ketat dan komprehensif.

Diskusi tersebut diikuti 15 peserta secara kusus sebagai bekal awal pengantar kelas Tarjih Pemuda Muhammadiyah Jumat 19 Juli 2019 mendatang.

COMMENTS

Nama

Berita Inspirasi Kegiatan Opini Profil Pengurus
false
ltr
item
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh: Diskusi Kelas Tarjih Bersama Ayahanda Dr. H. Agusni Yahya, MA.
Diskusi Kelas Tarjih Bersama Ayahanda Dr. H. Agusni Yahya, MA.
https://1.bp.blogspot.com/-6R3vUZbFTa8/XSsV30YbSbI/AAAAAAAAAMI/MeGzLfTHqZsSKcPP3N8OBnXGpMrP_OvkACEwYBhgL/s400/IMG-20190714-WA0017.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-6R3vUZbFTa8/XSsV30YbSbI/AAAAAAAAAMI/MeGzLfTHqZsSKcPP3N8OBnXGpMrP_OvkACEwYBhgL/s72-c/IMG-20190714-WA0017.jpg
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/2019/07/diskusi-kelas-tarjih-bersama-ayahanda.html
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/2019/07/diskusi-kelas-tarjih-bersama-ayahanda.html
true
5521647574397312018
UTF-8
Tidak Ada Posting Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Lihat Semua Posting Lainnya LABEL ARCHIVE Pencarian Posting yang Anda cari sedang tidak tersedia Balik ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ Menit lalu 1 hour ago $$1$$ Jam lalu Yesterday $$1$$ Hari lalu $$1$$ Minggu lalu more than 5 weeks ago
Themes24x7