Archive Pages Design$type=blogging

LAUNCHING KELAS TARJIH PEMUDA MUHAMMADIYAH

Foto bersama Peserta Kelas Tarjiih Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh Ahad (14/7/2019) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Pimpinan Daerah Pem...

Foto bersama Peserta Kelas Tarjiih Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh
Ahad (14/7/2019) Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh melaksanakan kegiatan Launching dan Orientasi Kelas Tarjih yang dilaksanakan di Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ayahanda Dr. H. Agusni Yahya, MA selaku Ketua Majelis Tarjid dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, para tamu undangan yang terdiri dari ortom Muhammadiyah yaitu ‘Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), Pemuda Muhammadiyah, Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Mahasiswa Program Doktoral Universitas Malaysia, para peserta kelas tarjih, serta juga hadir Kanda Taufiq A. Rahim. M.Si., Ph.D yang turut mendampingi dan menggembirakan setiap kegiatan PD. Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh.

Taufik Riswan Al-Masyitah - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banda Aceh dalam kata sambutannya mengatakan Majelis Tarjih menjalankan paham keagamaannya sangat dinamis tentu saja untuk merespon kebutuhan sosial masyarakat, dalam kontek ke Acehan kita melihat banyak sekali narasi-narasi dimana kelompok yang mewakili paham keagamaannya mempersempit kehidupan keberagaman sosial. Sehingga narasi yang dibangun itu seakan-akan menjadi pembenaran kelompok tertentu, sehingga terjadilah persekusi kepada kelompok yang berbeda dalam memahami Islam. Refleksi ini menjadi kebutuhan untuk Muhammadiyah saat ini dan kedepan nanti. Bayangkan narasi yang berkembang itu mempersempit ruang diskusi sehingga pelakanaan sunnah yang berfariasi itu dianggap sesuatu yang salah dan banyak kasus kita lihat selama ini yang terjadi di Aceh, seperti penghentian paksa pengajian-pengajian yang dilakukan, larangan mendirikan bangunan masjid Muhammadiyah di Kabupaten Bireuen, labeling wahabi kepada Muhammadiyah padahal keduanya itu sangat jauh berbeda sekali dan tidak sama, baik model pemahaman keagamaannya, metode penyampaian dakwah maupun narasi-narasi yang dibangun bagi keduanya.

Dr. H. Agusni Yahya, MA - Ketua Majelis Tarjid dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh dalam kata sambutannnya sekaligus membuka acara launching dan kelas tarjih Muhammadiyah mengapresiasi Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh yang menginisiasi dan mampu merumuskan kegiatan ini dalam bentuk Silabus kendatipun masih memerlukan penyempurnaan. Harapannya kelas Tarjih ini dijalankan secara serius dan berkelanjutan meskipun kepemimpinan Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh berganti.. Sehingga dapat menjadi acuan oleh PD. Muhammadiyah Se-Aceh. Pimpinan dan Anggota Majelis Tarjih Muhammadiyah Aceh sendiri telah mengadakan selama 3 Tahun pengajian bulanan yang diasuh langsung oleh Prof. Al-Yasa’ Abubakar, MA akan tetapi Tahun 2018 kemarin terhenti karna satu dan lain hal.

Mudhafar Anzari – Ketua Bidang Pendidikan dan Kaderisasi menyampaikan kepada para peserta mengenai alur kelas tarjih dimulai dengan launching dan orientasi kelas tarjih Pemuda Muhammadiyah, para peserta diseleksi sebanyak 15 orang dari 40 peserta yang telah mandaftar. Kelas tarjih diasuh langsung oleh Ayahanda Prof. Dr. H. Al yasa’ Abubakar, MA selama 8 kali pertemuan berdasarkan jumlah tematik yang telah dirumuskan, dimulai setiap hari Jumat 19 Juli 2019 mendatang dimulai ba’da magrib sampai menjelang waktu Isya di Ruang Majelis Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh. 15 peserta tersebut akan dipilih kembali 9 orang secara kusus berdasarkan kemampuan peserta untuk menarasikan dalam bentuk tulisan dari materi yang telah disampaikan yang kemudian tulisan tersebut akan dibukukan dan dipublikasikan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Banda Aceh Ibunda Hj. Lourna Loise yang akrab disapa ibu Ice memberikan bantuan uang tunai kepada PD. Pemuda Muhammadiyah Banda Aceh, untuk membebaskan para peserta kelas tarjih yang diwajibkan membayar administrai pembuatan buku sebesar Rp. 150.000,-/orang. Insya Allah, semoga ini menjadi amal jariyah untuk beliau.

COMMENTS

Nama

Berita Inspirasi Kegiatan Opini Profil Pengurus
false
ltr
item
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh: LAUNCHING KELAS TARJIH PEMUDA MUHAMMADIYAH
LAUNCHING KELAS TARJIH PEMUDA MUHAMMADIYAH
https://1.bp.blogspot.com/-n-Kmycr6vfI/XSsT007z7uI/AAAAAAAAAL8/Ou6t2wj6Z345vhRSHF-5w6eHdDxCyOjXQCLcBGAs/s400/IMG-20190714-WA0016.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-n-Kmycr6vfI/XSsT007z7uI/AAAAAAAAAL8/Ou6t2wj6Z345vhRSHF-5w6eHdDxCyOjXQCLcBGAs/s72-c/IMG-20190714-WA0016.jpg
Pemuda Muhammadiyah Kota Banda Aceh
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/2019/07/launching-kelas-tarjih-pemuda.html
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/
https://www.pdpmbandaaceh.or.id/2019/07/launching-kelas-tarjih-pemuda.html
true
5521647574397312018
UTF-8
Tidak Ada Posting Lihat Semua Selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Lihat Semua Posting Lainnya LABEL ARCHIVE Pencarian Posting yang Anda cari sedang tidak tersedia Balik ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agu Sep Okt Nov Des just now 1 minute ago $$1$$ Menit lalu 1 hour ago $$1$$ Jam lalu Yesterday $$1$$ Hari lalu $$1$$ Minggu lalu more than 5 weeks ago
Themes24x7